Tips Membeli Hardisk Bekas

Hardisk merupakan komponen computer yang sangat penting.

Dengan adanya hardisk, maka kita bisa menyimpan banyak file dan juga kita bisa menjalankan suatu system operasi. Hardisk saat ini memang sudah berkembang sangat pesat, bahkan sekarang sudah muncul tren baru dalam bidang storage yaitu SSD.

Namun harga SSD masih tergolong sangat mahal dan juga kapasitas SSD masih tergolong kecil jika dibanding dengan hardisk yang sudah mencapai kapasitas 3TB atau bahkan lebih.

Tips Membeli Hardisk Bekas

Hardisk memang masih menjadi andalan dalam mengisi storage di PC maupun laptop. Jika di PC, kita bisa menggunakan hardisk dengan ukuran 3,5 inch sedangkan pada laptop kita bisa menggunakan ukuran 2,5 inci.

Dalam memilih hardisk, sebaiknya kita tidak boleh main-main karena ini menyangkut kinerja computer anda. Apalagi jika kita membeli hardisk bekas, banyak sekali pertimbangan yang harus kita pikirkan.

Selain hardisk, kita juga harus mempertimbangkan budget kita juga dalam memilih hardisk.

Perbedaan harga yang cukup mencolok antara hardisk barudan juga hardisk bekas memang membuat banyak orang yang lebih memilih hardisk bekas daripada hardisk yang baru.

Namun dalam memilih hardisk bekas, kita harus meneliti beberapa hal agar kita mendapatkan hardisk bekas yang bagus, namun dengan harga yang murah.

Berikut ini adalah beberapa tips dalam memilih hardisk bekas:

  • Perhatikan kondisi hardisk. Sebelum membeli hardisk bekas, sebaiknya teliti terlebih dahulu kondisi hardisk yang akan kita beli apakah masih dalam kondisi yang bagus, atau sudah tidak bagus. Cara yang paling mudah adalah dengan menggoyangkan hardisk tersebut, apakah terdengar ada benda yang bergerak atau tidak. Jika tidak terdapat bunyi, maka hardisk anda kemungkinan besar masih bagus.
  • Pilihlah hardisk dengan merek yang terkenal. Merek hardisk juga akan menentukan apakah hardisk yang anda beli bagus atau tidak. Biasanya merek terkenal akan memproduksi hardisk dengan kualitas yang tinggi. Beberapa merek yang terkenal antara lain: Seagate, Western Digital, Hitachi, Samsung, Toshiba.
  • Uji kesehatan hardisk dengan tool untuk menguji HDD. Ada kemungkinan hardisk bekas memiliki cacat yaitu bad sector. Bad sector ini adalah masalah classic yang sering ditemui pada hardisk bekas. Sebelum anda membelinya, sebaiknya cek kesehatan dengan tool penguji hdd seperti HD Tune, dan yang lainnya.
  • Perhatikan port hardisk. Sebelum anda membeli hardisk, sebaiknya cek port hardisk tersebut apakah SATA, atau masih PATA. Sesuaikan juga dengan motherboard yang anda pakai apakah sudah support SATA atau masih ATA.

Comments