Popularitas Semakin Menurun, Orkut Segera “Dimatikan”

Di Indonesia mungkin tidak semua orang kenal jejaring sosial ini, tapi keadaan berbeda di Brasil dan India.

Jejaring Sosial Orkut


Disana jejaring sosial ini masih menjadi primadona hingga kini.
Orkut, jejaring sosial yang dimiliki oleh Google ini diluncurkan pada 24 Januari 2004.
Awal peluncurannya Orkut mampu menjadi jejaring sosial terpopuler di dunia hingga akhirnya ditelan oleh invansi Facebook.


Diumumkan akan ditutup pada 30 September 2014, menurut Google, Orkut tidak bisa menjadikan Google sebagai pemimpin bisnis web paling populer.
Semakin lama, popularitas Orkut kian tenggelam, tersingkir oleh sejumlah layanan jejaring sosial baru seperti Facebook, Twitter, WhatsApp dan yang lainnya.

Berdasarkan data terkini, dari tahun ke tahun jejaring sosial ini semakin sepi peminat dan negara yang paling banyak menggunakan Orkut ialah Brasil dan India.

Kendati akan ditutup, raksasa mesin pencari ini memberikan kesempatan kepada pengguna setia Orkut untuk menyimpan data mereka menggunakan Google Takeout.
Google juga mengungkapkan bahwa tidak akan ada lagi registrasi untuk pengguna baru.

Pada awal kemunculannya di Maret 2004, pengguna paling banyak dengan persentasi 51,36 persen berasal dari Amerika Serikat.
Sedangkan pada Mei 2014, pengguna di Amerika merosot drastis di posisi ketiga, sedangkan Brasil menempati urutan pertama pengguna Orkut terbesar dengan 48,4 persen.

Berbeda dengan Orkut, Facebook yang juga sama-sama diluncurkan pada 2004 secara perlahan dan pasti berkembang menjadi situs jejaring sosial terbesar di dunia.
Hingga kini, Facebook telah memeiliki lebih dari satu miliar pengguna aktif dan Indonesia berada di urutan keempat negara pengguna terbanyak.

Comments