Macam-macam Kabel Jaringan Komputer

Kabel Jaringan Komputer

Jaringan komputer merupakan satu cara menghubungkan komputer satu dengan lainnya agar terjadi interaksi, baik interaksi untuk pertukaran data, berbagi sumber daya, dll.

Media yang digunakan untuk menyambungkan jaringan komputer secara umum terbagi dua yaitu media kabel dan media gelombang/signal/wirelless.
Pada kesempatan kali ini saya membahas tentang media jaringan dengan menggunakan kabel. secara umum kabel jaringan terbagi menjadi tiga, yaitu kabel Coaxial, Twisted Pair, dan Fiber Optic. mari kita mengenal lebih jauh tentang penggunaan secara umum

1. Kabel Coaxial

Kabe jenis ini digunakan untuk kebutuhan skala besar, biasa nya oleh perusahaan jaringan seperti povider, telekomunikasi seluler, radio, dll. 
 
Kebanyakan kabel ini digunakan pada topologi BUS dan RING. kabel ini terdiri dari dua buah konduktor, yaitu terletak di tengah yang terbuat dari tembaga keras yang dilapisi dengan isolator dan melingkar di luar isolator pertama dan tertutup oleh isolator luar. 
Kabel coaxial terdiri dari 3 bagian, yaitu pelindung luar, pelindung berupa anyaman tembaga, dan isolator plastik
 
- Kabel coaxial RG-62A/U, merupakan kabel berwarna hitam dengan inti berupa kabel serabut. Ukuran kabel ini kurang lebih 0.25 inch (6 mm).
 
- Thin Coax, merupakan kabel koaksial berdiameter rata-rata 5 mm yang berwarna gelap dan banyak digunakan dikalangan radio amatir.
 
- Thick Coax, merupakan kabel berdiameter rata-rata 12 mm dan sering dikenal sebagai yellow cable.

2. Kabel Twisted Pair

Kabel jenis ini digunakan pada skala jaringan lokal seperti jaringan pada toserba, perkantoran, laboratorium, warnet, dll. kebanyakan kabel ini digunakan pada toplogi Star.
- Unshielded Twisted Pair (UTP)
UTP ini biasa digunakan pada lingkup jaringan internal/lokal. terdiri dari dua lapis yaitu lapisan pembungkus luar dan kabel pasang-pasangan sebanyak 8 buah
Kabel ini terdiri dari beberapa kategori yang disingkat menjadi cat. cat1 didesain untuk mendukung komunikasi suara analog saja, cat 2 didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara digital. 
 
Kabel ini dapat mentransmisikan data hingga 4 Mbps, cat 3 didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara pada kecepatan hingga 10 Mbps, cat 4 didesain untuk mendukung komunikasi data dan suara hingga kecepatan 16 Mbps, Cat 5 didesain untuk mendukung komunikasi data serta suara pada kecepatan hingga 100 Mbps. 
- Shielded Twisted Pair (STP)
kabel jenis ini hampir sama dengan UTP bedanya hanya ditambahkan lapisan pelindung pada pembungkus kabel luar.
Warna Kabel nya terdiri dari 4 warna primer dan 4 warna kombinasi primer dengan putih.
  • Orange
  • Putih Orange
  • Hijau
  • Putih Hijau
  • Biru
  • Putih Biru
  • Coklat
  • Putih Coklat
Penggunaan jenis kabel ini tergantung dari kebutuhan, apabila kita akan menghubungkan jaringan dengan sama jenis perangkat jaringan maka gunakan Cross Over (Seperti PC ke PC, HUB ke HUB, dll), apabila kita ingin menyambungkan berbeda jenis perangkat jaringan maka gunakan Stright (Seperti PC ke HUB, PC ke Modem, dll). 
 

3. Kabel Fiber Optic

Merupakan sebuah kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang berfungsi untuk mentransmisikan sinyal cahaya. 
Bagian-bagian dalam serat optik tersebut adalah bagian inti tempat merambatnya gelombang cahaya, lapisan selimut yang mengelilingi bagian inti dengan indeks bias yang lebih kecil, dan lapisan jake yang melindungi bagian inti dan selimut dengan plastik yang elastis. 
 
Komponen utama sistem serat optik terdiri dari transmitter (Laser Diode dan Laser Emmiting Diode), information channel yang berupa serat optik, dan receiver.
 

Comments