10 Teknologi Terbaru Tahun 2016 Dan Perkembangannya

Pada tahun 2016, sama seperti pada sebelumnya teknologi baru telah hadir dan juga ada yang masih dikembangkan seperti pada bidang energi, medis, komunikasi, genetika dan sebagainya.

Teknologi Terbaru 

Perkembangan teknologi setiap tahun tidak pernah ada habisnya, yang terpenting adalah tujuannya demi kebaikan hidup manusia.


Berikut ini adalah 10 teknologi terbaru di tahun 2016 :
  1. Transfer power dari udara

    Hal ini akan memungkinkan gadget untuk bekerja dan berkomunikasi hanya menggunakan energi yang diambil dari perangkat didekatnya seperti telepon seluler, radio, TV, atau sinyal WiFi.

    Transfer power secara nirkabel ini bukanlah hal yang baru. Namun, mendapatkan perangkat tanpa sumber tenaga konvensional untuk berkomunikasi adalah hal yang sulit, karena membangkitkan sinyal radio memerlukan power yang cukup intensif, sementara gelombang yang dihasilkan dari TV, radio dan perangkat komunikasi lainnya hanya memiliki sedikit energi.Untuk mengatasi hal ini, digunakan passive WiFi, yang memungkinkan parangkat tanpa baterai terhubung dengan perangkat konvensional seperti komputer dan smartphone dengan cara menghamburkan balik sinyal WiFi.

    Penelitian ini dilakukan oleh para pakar di University of Washington, mereka menyatakan bahwa dikemudian hari, smart home, kamera keamanan, sensor temperatur dan alarm asap, tidak perlu memerlukan penggantian baterai.

  2. Kemajuan teknologi industri panel surya

    Mulai dibangunnya fasilitas industri panel surya masa depan  senilai 750 juta dollar di Buffalo, Amerika, menandai perkembangan signifikan teknologi di industri ini. Direncanakan dapat memproduksi satu gigawatt kapasitas panel surya per tahun atau 10,000 panel surya per hari.
    Maka ini akan menjadi manufaktur terbesar di Amerika Utara dan menjadi yang terbesar di dunia. Industri panel surya ini menggunakan teknologi yang lebih murah dan efisien dan akan lebih kompetitif dengan bahan bakar fosil.

  3. DNA AppStore

    Merupakan 'toko online'  mengenai informasi tentang gen anda. Sehingga pemeriksaan resiko kesehatan anda anda dan kecenderungannya dapat dilakukan dengan murah dan mudah.
    DNA AppStore merupakan model pengurutan DNA, yang membuat informasi genetik dapat menjadi luas dan dapat diakses secara online.

  4. Robot yang saling mengajari satu sama lain

    Robot yang dapat mempelajari sutu tugas dan kemudian mengajari robot lainnya sedang terus dikembangkan.Robot ini mengirim informasi melalui teknologi cloud yang kemudian datanya dapat diambil oleh robot lainnya. Teknologi ini masih terus dikembangkan sampai saat ini.

  5. Roket yang dapat digunakan kembali

    Pada umumnya, roket akan hancur pada perjalanan pertamanya menuju ke orbit. Namun sekarang tidak demikian, setelah membawa muatan ke orbit, roket tersebut dapat kembali lagi ke bumi untuk mengisi bahan bakar, untuk selanjutnya dapat digunakan kembali. Teknologi ini dapat menekan biaya penerbangan dan akan banyak membuka pintu pada usaha baru di bidang antarikasa.

  6. Teknologi percakapan antarmuka

    Teknologi yang powerful dari Cina, teknologi ini dapat menggabungkan pengenalan suara dan pemahaman terhadap bahasa alami sehingga menghasilkan speech interface yang efektif untuk pasar internet terbesar di dunia.

    Alasan diciptakannya teknologi ini adalah karena berinteraksi dengan menggunakan komputer dengan cara mengetik dapat membuat frustasi dan memakan waktu. Seperti diketahui, 691 juta pengguna smartphone di Cina menggunakan search engine paling populer di negaranya yaitu Baidu. Tipikal mereka yang ingin cepat dan praktis tanpa harus menggunakan touchscreen membuat teknologi ini sangat berguna.

  7. Melakukan proses edit gen tanaman dengan tepat

    Teknologi yang dalam pengembangan ini disebut juga dengan CRISPR, yaitu kemampuan untuk melakukan edit genom tanaman secara murah dan cepat tanpa meninggalkan DNA asing dibelakangnya.

    Tujuannya adalah untuk meningkatkan produktivitas pangan dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia yang populasinya terus meningkat yang diperkirakan akan mencapai 10 milyar jiwa pada tahun 2050, serta membuat tanaman lebih tahan terhadap kekeringan dan berbagai penyakit.

  8. Rekayasa kekebalan tubuh

    Teknologi yang lebih ditujukan pada dunia medis , yaitu berupa rekayasa genetika kekebalan sel yang ditujukan untuk menyelamatkan nyawa pasien kanker. Ini mungkin hanya awal, dalam perkembangan selanjutnya metode ini juga mungkin ditujukan untuk perawatan pasien penderita AIDS.

  9. Mobil dengan kemudi otomatis

    Tesla adalah perusahaan pembuat kendaraan bertenaga listrik. Mobil yang dibuatnya dilengkapi dengan software yang dapat menjadikan kemudi otomotis pada sebuah mobil menjadi kenyataan. Latar belakang dibuatnya produk ini adalah karena sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan oleh kelalaian manusia, maka kecelakaan ini diharapkan dapat dikurangi  atau dihilangkan dengan kemudi otomatis yang dapat melakukan tugasnya pada berbagai kondisi.

  10. Material 2-dimensi

    Jenis material baru dapat mengubah dunia. Material 2-dimensi dapat dipakai untuk membuat alat baru yang digunakan untuk teknologi. Material ini dibuat dari senyawa ultra tipis, di mana masing-masing senyawa tersebut memiliki sifat optikal, mekanikal dan elektrik yang unik. Hasilnya adalah material baru yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan dengan cakupan yang sangat luas.

    Namun, bila material baru, apapun itu memasuki lingkungan, maka kemungkinan adanya zat-zat yang bersifat racun harus diwaspadai. Jadi safety dari teknologi ini harus benar-benar diperhatikan dengan serius.

Comments